Manfaat Daun Kemangi

Manfaat Daun Kemangi

Siapa sih yang nggak tahu daun kemangi??? Jika sobat pernah makan di sebuah tempat lesehan,restaurant dan sejenisnya,pasti pernah nih memilih menu makanan. Nah didalam menu tersebut pasti dijumpai berbagai menu masakan dan sambal. Daun kemangi biasa disajikan dengan sambal sebagai lalapan. Tapi bukan menu masakan yang mau ane bahas ya sob 😁, melainkan manfaat dari daun kemangi tersebut. Kira-kira apa saja manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi daun kemangi tersebut. Baik dikonsumsi kah? Atau malah merugikan ? Daripada penasaran,mari kita simak bareng-bareng yah sob.

Daun kemangi

Selain bisa digunakan menu lalapan bareng sambal,perlu diketahui juga bahwa kemangi yang kita konsumsi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita loh sob. Daun kemangi memiliki aroma yang harum segar. Nama latin dari kemangi sendiri Ocimum basilicum yang mempunyai arti tumbuhan beraroma.

Baca artikel terkait :
Manfaat Daun Sirsak
Kemangi merupakan anggota dari daun mint yang bisa digunakan untuk obat. Ekstrak minyak daun kemangi dikatakan memiliki sifat antioksidan dan antibacteri. Perlu sobat ketahui,setiap 2 sendok makan kemangi cincang segar menyediakan 27% dari rekomendasi vitamin K ,Vitamin A serta mangan dan magnesium.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan


Manfaatnya untuk kesehatan ialah:

1. Meredakan demam dan masuk angin.
Ambillah daun kemangi,kemudian diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa lalu langsung oleskan saja ke perut ,dada,dan punggung sobat agar angin bisa cepat keluar.

2. Menyehatkan mata dan mulut
Terdapatnya vitamin K dalam daun kemangi ini memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi mata,meredakan mata yang stress,dan gangguan pada mata lainnya. Dan tidak salah nya juga untuk dikonsumsi,karena dapat menyegarkan mulut sob.

3. Anti-Inflamasi
Daun ini merupakan agen dari anti-inflamasi yang bertugas menyembuhkan bengkak dan ampuh meredakan radang sendi. Dan kalsium untuk mencegah adanya osteoporosis.

4. Monopouse
Karena terdapat kandungan Zat triptofan lah yang dapat menunda monopouse. Konsumsilah secara teratur jika ingin menunda massa monopouse.

5. Melancarkan Asi
Daun kemangi segar dapat dipercaya mencegah bau badan,dan bau mulut serta memperlancar asi. Caranya dengan langsung makan dengan lalapan dan cuci daunnya terlebih dahulu.

6. Mengatasi keputihan
Bagi hubungan suami istri agar terlihat harmonis ,mengkonsumsi daun kemangi sangat lah disarankan. Selain baik untuk kesehatan ,juga menghilangkan bau badan. Manfaat lainnya ialah mengatasi keputihan. Kandungan senyawa eugenol dalam daun kemangi dapat membunuh jamur penyebab keputihan. Jadi,rajin-rajinlah yah sis mengkonsumsi daun ini. 😀

7. Mengatasi Batuk
Pada umumnya daun kemangi memang digunakan sebagi bumbu masak,bahkan di negara Thailand. Di negara-negara India dan sebagian wilayah di Afrika justru daun ini diseduh dalam bentuk teh,yang bisa langsung seduh dan membantu mengobati batuk saat pergantian musim dingin.

8. Antiradang
Kandungan zat cineole,myrcene dan eugenol pada daun kemangi ini berfungsi untuk antibiotik alami dan anti peradangan.

9. Merangsang sel telur
Karena terdapatnya kandungan zat stigmaasterol  dal daun ini dapat merangsang pematangan sel telur(ovulasi)

10. Baik untuk Jantung
Berdasarkan beberapa penelitian,daun kemangi berperan dalam memelihara kesehatan tubuh terutama Jantung. Karena Zat betakaroten dan magnesium yang terdapat pada kemangi merupakan mineral penting yang menjaga dan memelihara kesehatan jantung kita

11. Mengatasi Stroke
Kandungan isoflavon pada kemangi meningkatkan pembuluh darah nafi(artery) pada pasien stroke.

12. Pencegahan Jerawat
Manfaat dari pencegahan jerawat,karena mereka memurnikan darah dengan membuang racun. Juga dapat mencegah komedo. Caranya,daun kemangi pada siai bagian atas ditempatkan di setiap sisi hidung selama 5 menit,setelah itu lepas lau cuci muka dengan air

13. Mencegah rambut rontok dan beruban
Cara untuk pencegahan rambut rontok: Rendam daun kemangi yang sudah kering dan bubuk dan bubuk amla dalam air semalam dan cuci rambut dengan ramuan ini keesokan harinya.

Untuk Rambut rontok adalah masalah yang umum karena gatal dikepala. Pasta dari daun kemangi yang ditambahkan ke minyak rambut,dan diterapkan pada kulit kepala akan menjaga kulit kepala tetap dingin ,mengurangi gatal dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Selain manfaat tersebut diatas,manfaat lain yang bisa digunakan bagi para pecinta rokok/perokok,disarankan agar mengunyah 1,2 atau 3 helai daun kemangi sebelum merokok. Kekuatan antioksidan didalam daun kemangi mampu memperbaiki sistem yang rusak akibat efek nikotin. Kemangi juga ampuh meredakan stres,mencegah diabetes dan mengatasi batu ginjal.

Sekian dulu sobat-sobat semua,sampai ketemu di artikel manfaat daun selanjutnya. Jadi,jangan ragu yah sobat untuk mengkonsumsi daun kemangi tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa berbagi ke teman-teman sobat semua yah. Sekian dan terima kasih :-) 👌😁

1 Response to "Manfaat Daun Kemangi"

  1. wah bermanfaat kak, jadi makin tahu ini

    ReplyDelete

Silahkan jika sobat yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.