Manfaat Daun Pandan

Manfaat Daun Pandan

Hello sobat-sobat semua,jumpa lagi bareng ane. Artikel yang ane mau tulis masih dalam pembahasan yang sama tentang manfaat daun sama seperti artikel-artikel sebelumnya ane tulis Manfaat Daun Kemangi juga Manfaat Daun Sirsak. Dan di kesempatan ini ane mau bahas Manfaat Daun Pandan. Pastinya sobat semua tidak asing kan dengan daun yang satu ini. Selain beraroma wangi daun ini ternyata mempunyai manfaat yang mungkin belum pernah kita ketahui sebelumnya.

Daun Pandan atau nama latinnya Pandanus amaryllifolius Roxb merupakan tanaman yang tumbuh didaerah beriklim tropis dan sering tumbuh di pekarangan rumah ataupun di kebun (kayak dirumah ane). Dan terkadang tumbuh liar di tepi sungai,tepi rawa dan tempat yang agak lembab. Tanaman pandan termasuk dalam jenis monokotil dari famili pandanaceae. Daun pandan ini juga merupakan bagian penting dari kuliner di Indonesia dan biasanya sering di gunakan sebagai pewangi makanan. Aroma yang khas dari daun pandan ini sangat terasa ketika daunnya masih segar atau agak kering.

Daun pandan sering digunakan untuk pembuatan kue,kolak dan bubur kacang hijau dan sebagai pengharum di saat menanak nasi serta bisa digunakan untuk sumber warna hijau bagi makanan ,sebagai komponen penyajian penghias makanan maupun sebagai bagian dalam rangkaian bunga di pesta perkawinan untuk pengharum ruangan. Selain sebagai bahan penyajian tersebut diatas ,hal yang tak kalah penting ialah manfaatnya sendiri dari daun pandan tersebut. Apa saja manfaat yang didapatkan dari sari daun pandan atau tanaman pandan itu???? Mari simak bareng-bareng sob.

Daun pandan
Gambar by tipsartikelku.blogspot.com

Manfaat daun pandan pada umumnya


1. Mengarumkan Ruangan
Perlu sobat ketahui,daun pandan ini juga bisa digunakan sebagai pengharum ruangan loh!. Caranya pun cukup mudah,dengan mengiris tipis daun pandan kemudian letakkan di ruangan kamar sobat atau sesuai kebutuhan sobat.

2. Pengusir Serangga
Daun pandan juga berfungsi untuk mengusir serangga loh sob. Hal ini dikarenakan daun ini mengandung beberapa bahan kimia pembasmi termasuk 2-asetil-1-Pirolina (2AP).

3. Membungkus Makanan
Di Asia Tenggara sering digunakan sebagi pembungkus pada daging ayam,ikan dan beras ketan  untuk melindungi dan mengharumkan bahan-bahan tersebut pada saat memanggang atau mengukusnya.

4. Sebagai Bumbu Masakan
Sari daun pandan sering digunakan bersama santan,serai beras ketan dan gula. Dan bisa digunakan untuk memasak dengan di ikaat menjadi simpul dan menempatkannya dalam sup atau dipotong-potong dan digunakan  dalam puding,minuman dan makanan .

5.Memberi Aroma Masakan
Aroma yang harum dan segar pada daun pandan dapat digunakan sebagai pemberi aroma masakan maupun minuman loh sob. Dengan begitu masakan atau minuman jadi lebih segar dan wangi dan kita semua pasti akan lebih suka menikmatinya karena aroma wangi tersebut.

6. Peralatan Rumah Tangga
Daun pandan yang sudah kering banyak digunakan sebagai rumah jerami. Daun pandan juga banyak ditenun sebagai keranjang,tikar dsb.

7. Obat-obatan dan Kosmetik
Daun pandan menghasilkan efek diuretik bila dikonsumsi dalam jumlah besar. Daun pandan juga digunakan untuk mengobati beberapa kondisi kulit. Bahkan praktisi tradisionalpun menggunakan akarnya sebagai obat anti-diabetes loh sob. Aroma yang wangi dan khas ini juga banyak diinginkan dan digunakan sebagai parfum kosmetik lainnya.

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan 

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Darah tinggi atau hipertensi ini dapat diturunkan dengan pengobatan herbal,salah satunya dengan meminum ramuan rebusan daun pandan. Caranya pun cukup mudah ,cukup ambil beberapa lembar daunnya lalu sobat rebus dengan 3 gelas air hingga tereduksi menjadi 2 gelas air saja. Kemudian saring airnya,lalu minum air tersebut 2 kali sehari yaitu pagi dan sore

2. Mengatasi Reumatik
Manfaat daun pandan berikutnya ialah mengatasi rematik pada penderitanya. Cara mengatasinya  ambil 3 lembar daun pandannya yang sudah bersih dan dicuci kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian tergantung selera sobat yah. Kemudian di seduh dengan setengah cangkir minyak kelapa yang sudah didihkan sambil diaduk-aduk hingga merata. Setelah dingin, gunakan sebagai obat gosok dan diurut didaerah yang reumatik. 

3. Mengatasi Pegal Linu
Tidak ada salahnya mencoba ramuan yang satu ini. Caranya yaitu dengan menyediakan 5 lembar  daun pandan segar dan 20 lembar daun serai. Semuanya di cuci bersih lalu ditumbuk sampai halus,dan tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura kemudian aduk hingga rata. Gunakan ramuannya pada bagian tubuh yang pegal-pegal yah sob.

Baca juga artikel lainnya:
4. Mengatasi Lemah Syaraf
Caranya sediakan 3 lembar daun pandan,jangan lupa cuci dulu sampai bersih dan segar yah sob,kemudian dipotong-potong. Potongan tersebut direbus dengan air 3 gelas  air hingga tersisa 2 gelas saja ya sob!. Setelah dingin,lalu minum ramuan tersebut 2 kali sehari yaitu pagi dan sore yang masing-masing 1 gelas setiap minum.

5. Mengatasi Rasa Gelisah
Jika sobat sedang temperamen,gelisah tidak ada salahnya menggunakan ramuan ini. Caranya ambil 2 lembar daun pandan yang sudah dicuci bersih dan di iris tipis-tipis. Seduhlah dengan air mendidih. Setelah dingin,saring airnya lalu diminum sekaligus. Lakukan rutin 2 atau 3 kali sehari sampai merasa tenang. 

6. Merangsang Nafsu Makan
Bagi sobat-sobat yang susah untuk makan ,maka ambillah 2 lembar daun pandan dan cuci dulu yah lalu dipotong kecil-kecil. Rebus dengan air 3 gelas air hingga tersisa 1 setengah gelas,saring airnya lalu minum ramuan tersebut 2 kali sehari pagi dan sore.

7. Membasmi Panu
Caranya dengan menghaluskan satu genggam daun pandan segar lalu sobat peras untuk diambil airnya. Setelah itu campur airnya dengan garam dan minumlah satu gelas satu hari selama 3 hari secara rutin. 

8. Mengatasi Lemah Syahwat 
Jangan pernah menyepelekan daun ini,karena kemampuannya yang dapat membantu agar tidak lemah syahwat. Caranya ambil 3 lembar daun yang sudah dicuci bersih dan dipotong kecil-kecil yah sob. Rebusalah dengan air mendidih 4 gelas hingga tereduksi menjadi 2 gelas. Minum air tersebut 2 kali sehari yaitu tiap pagi dan sore,lakukan secara rutin dan minum 1 gelas penuh setiap kali minum yah.

9. Mengatasi Ketombe
Sediakan 10 lembar daun pandan dan haluskan dengan menggunakan blender. Setelah halus,lalu campurkan dengan setengah cangkir air dan aduk rata. Lalu bilaskan ke semua rambut dan diamkan selama 30 menit sampai kering yah sob. Setelah kering bilas dengan air bersih ,lakukan ini secara rutin sebelum mandi yah sob.

10. Menurunkan Demam
Menurunkan demam panas anak maupun untuk orang dewasa loh. Yaitu dengan meminum ramuan teh daun pandan yang sudah ada. 

11. Mengatasi sambelit
12. Mengatasi kram di perut
Dengan meminun ramuan teh daun pandan yang sudsh di seduh lalu meminumnya. 

Jadi,tidak ada salahnya untuk menanam daun ini di pot halaman rumah sobat yah, karena manfaat yang tekandung di dalamnya. Namun perlu dilakukan juga konsultasi oleh tenaga medis, untuk mengetahuinya adanya resiko kesehatan yang bisa terjadi. 

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua....
Sekian dan terima kasih :)😁

0 Response to "Manfaat Daun Pandan"

Post a Comment

Silahkan jika sobat yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.