Bekerjalah

BEKERJALAH

Picture by google.com
Diriwayatkan pada saat itu Nabi Muhammad SAW baru tiba  dari Tabuk,peperangan dengan bangsa Romawi yang kerap menebar ancaman pada kaum muslimin. Banyak sahabat yang ikut beserta Nabi dalam peperangan ini. Tidak ada yang tertinggal kecuali ofang-orang yang berhalangan dan ada uzur.

Saat mendekati kota Madinah,di salah satu sudut jalan,Nabi Muhammad SAW berjumpa dengan seorang tukang batu. Ketika Nabi Muhammad SAW melihat tangan buruh tukang batu tersebut melapuh,kulitnya merah kehitam-hitaman seperti matahari.

Rasulullah SAW pun bertanya,"Kenapa tanganmu kasar sekali?"

Baca juga motivasi semangat lainnya:

Si tukang batu pun menjawab,"Ya Rasulullah,pekerjaan saya ini membelah batu setiap hari,dan belahan batu itu saya jual ke pasar,lalu hasilnya saya gunakan untuk memberi nafkah keluarga saya,karena itulah tangan saya kasar,"

Nabi Muhammad SAW adalah manusia paling mulia,tetapi orang yang paling mulia tersebut begitu melihat tangan si tukang batu yang kasar karena mencari nafkah yang halal. Rasul pun menggenggam tangan itu,dan menciumnya seraya bersabda...

"Inilah tangan yang tidak akan pernah disentuh oleh api neraka selama-lamanya".

Suatu ketika seorang lelaki melintas dihadapan Rasulullah. Orang itu dikenal sebagi pekerja giat dan tangkas. Para sahabat kemudian berkata, "Wahai Rasulullah andai bekerja seperti yang dilakukan orang itu dapat digolongkan jihad di jalan Allah(Fi Sabilillah), maka alangkah baiknya, "Mendengarkan itu Rasul pun menjawab," Kalau ia bekerja untuk menghidupi anak-anaknya yang masih kecil,maka itu fi sabilillah. 
Kalau ia bekerja untuk menghidupi kedua orang tuanya yang sudah lanjut usia, maka itu fi sabilillah ,dan kalau bekerja untuk kepentingan dirinya sendiri agar tidak meminta-minta , maka itu fi sabililkah (HR.Thabrani)

Orang-orang pasif dan malas bekerja , sesungguhnya tidak menyadari bahwa mereka telah kehilangan sebagian dari harga dirinya,yang lebih jauh mengakibatkan kehidupannya menjadi mundur.

"Maka apabila telah dilaksanakan sholat,bertebaranlah kamu dimuka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung". (Qs. Al-Jumu'ah:10)

-----------------------------------------------------------------
*Siapa saja pada malam hari bersusah payah dalam mencari rejeki yang halal,malam itu dia diampuni." (HR.Ibnu Asakir dari Anas)

*Siapa saja pada sore hari bersusah payah dalam bekerja, maka sore itu ia diampjni."(HR.Thabrani dan Ibnu Abbas).

*"Tidak ada yang lebih baik bagu seseorang yang makan sesuatu makanan,selain makanan dari hasil usahanya. Dan sesungguhnya Nabiyullah Daud,selalu makan dari hasil usahanya."(HR.Bukhari)

Note:

Ada dua macam manusia didunia ini,mereka yang mencari alasan dan mereka yang mencari keberhasilan. Orang yang mencari alasan,selalu mencari alasan mengapa pekerjaannya tidak selesai dan orang yang mencari keberhasilan selalu mencari alasan mengapa pekerjaanya dapat terselesaikan(Alan Cohen)

Semoga bermanfaat,
#Tetap tersenyum
dan selalu semangat ya sobatku :-)

1 Response to "Bekerjalah"

Silahkan jika sobat yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.