Kearifan Emas,Cerita Motivasi

Sobat,ane mau sharing lagi cerita motivasi nih,semoga bisa menjadikan kita semua agar lebih berEmpati kepada sesama ,,cekidotz

Kearifan Emas

Seseorang pemuda mendatangi Zun-Nun dan bertanya,"Guru,saya tak mengerti mengapa orang seperti Anda mesti berpakaian apa adanya,amat sangat sederhana.Bukanlah di masa seperti ini berpakaian berpakaian sebaik-baiknya amat perlu ,bukan hanya untuk penampilan melainkan juga untuk banyak tujuan lain."

Sang Sufi hanya tersenyum. Ia lalu melepaskan cincin dari salah satu jarinya,lalu berkata. "Sobat muda,akan ku jawab pertanyaaanmu,tetapi lebih dahulu lakukan suatu hal untukku.
Ambillah cincin ini dan bawalah ke pasar di seberang sana. Bisakah kamu menjualnya seharga satu keping emas?".

Melihat cincin Zun-Nun yang kotor,pemuda tadi merasa ragu." Satu keping emas? Saya tidak yakin cincin ini bisa dijual harga segitu."

"Cobalah dulu sobat muda. Siapa tahu kamu berhasil."

Pemuda itupun bergegas ke pasar . Ia menawarkan cincin itu kepada pedagang kain,pedagang sayur,penjual daging dan ikan ,serta kepada yang lainnya. Ternyata,tak seorangpun berani membeli seharga satu keping emas. Mereka menawarnya hanya satu keping perak. Ia kembali ke padepokan Zun-Nun dan melapor.,"Guru,tak seorangpin berani menawar lebih dari satu keping perak.".

Zun-Nun sambil tetap tersenyum arif berkata,"Sekarang pergilah kamu ke toko emas dibelakang jalan ini.

Coba perlihatkan kepada pemilik toko atau tukang emas disana. Jangan buja harga,dengarkan saja bagaimana ia memberikan penilaian."

Pemuda itupun pergi ke toko emas yang dimaksud. Ia kembali Zun-Nun dengan raut wajah yang lain. Ia melapor,"Guru,ternyata para pedagang dipasar tidak tahu nilai seseungguhnya dari cincin ini.

Pedagang emas menawarnya dengan harga seribu keping emas. Rupanya nilai cincin ini seribu kali lebih tinggi daripada yang ditawar oleh para pedagang di pasar.

Zun-Nun tersenyum simpul sambil berujar lirih. "Itulah jawaban dari pertanyaanmu tadi sobat muda. Hanya "para pedagang sayur,ikan,dan daging di pasar" yang menilai demikian.
Namun tidak bagi "pedagang emas".

-------------------------------------------------------------

Emas dan permata yang ada dalam diri seseorang,hanya bisa dilihat dan dinilai jika kita mampu melihat kedalam jiwa.
Diperlukan kearifan untuk menjenguknya. Dan itu butuh proses,wahai sobat mudaku.

Kita tak hanya menilainya hanya dengan tutur kata dan sikap yang kita dengar dan lihat sekilas. Seringkali yang disangka emas itu loyang dan yang kita lihat sebagai loyang ternya emas...

Baca juga artikel motivasi lainnya

Klikk ya sobat.........



Kita tidak akan pernah bisa mengendalikan perbuatan orang lain. Tapi kita dapat mengendalikan reaksi mental kita terhadap perbuatan mereka itu dan itulah yang terpenting untuk qt.

Tetap tersenyum dan selalu semangat
Semoga bermanfaat,dan bisa memberikan inspirasi untuk kita smua.

Thxzs😸

0 Response to "Kearifan Emas,Cerita Motivasi"

Post a Comment

Silahkan jika sobat yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.