Manfaat Bengkuang yang menyehatkan tubuh

gambar by google.com
Di Postingan sebelumnya ane telah membahas manfaat mentimun. Lanjut,masih dalam pembahasan yang sama yaitu manfaat buah berikutnya ialah Bengkuang.Tentunya sobat tahu buah ini kan?dan sering menemukannya di pasar atau di tempat lain.

Tumbuhan Bekuang atau yang sering orang jawa bilang ialah bengkoang ialah tumbuhan yang termasuk kedalam jenis -umbi-umbian atau suku polong-polongan(fabaceae).Nama ilmiah dari bengkuang sendiri ialah Pachyrhizus erosus).Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini memiliki umbi putih(cormus) yang bisa dimakan langsung maupun dibuat olahan rujak dan asinan bahkan sampai dijadikan masker wajah dan memutihkan kulit loh sobat.Bengkuang merupakan tumbuhan liana tahunan yang dapat mencapai
panjang 4-5 m dan akarnya bisa mencapai 2m.Ciri-ciri batangnya menjalar dan membelit,dengan rambut-rambut halus yang mengarah ke bawah.
Liana ialah suatu habitus tumbuhan.Tumbuhan dikatakan liana jika dalam pertumbuhannya memerlukan kaitan/obyek lain agar ia dapat bersaing mendapatkan cahaya matahari.
Dapat pula dikatakan tumbuhan merambat,memanjat,atau menggantung.

Daunnya majemuk menyirip beranak daun 3,bertangkai 8,5 s/d 16cm,anak daun bundar telur melebar dengan ujung runcing dan bergigi besar,berambut di kedua belah sisinya,anak daun ujung paling besar 7 s/d 21 X 6 s/d 20cm.Tahukah sobat,ternyata Bengkuang ini memiliki
banyak manfaat loh.Selain dijadikan masker wajah,namun perlu sobat ketahui kandungan gizi dan manfaat lainnya.Apa nih manfaat lainnya ,yuks simak dibawah :

Manfaat Buah Bengkuang untuk kesehatan
  • Mengobati Batu Ginjal dan empedu
Postasium dan fosfor yang terkandung didalam buah bengkuang adalah zat yang sangat bagus bagi tubuh terutama untuk ginjal dan empedu ,penderita yang mengalami masalah gangguan ini,mengkonsumsi bengkuang adalah alternatif yang dapat diambil untuk mengobati secara alami.
  • Memperlancar pencernaan dan mencegah terjadinya konstipasi
Buah bengkuang adalah buah yang kaya akan serat,inilah yang menyebabkan bengkuang sangat bagus untuk pencernaan,saat tubuh kekurangan serat akan menyebabkan susah BAB yang dapat berakibat konstipasi

  • Menurunkan kolesterol dalam darah
Zat-zat kimia yang terkandung dalam buah ini mampu mengatasi dan mengontrol kadar gula darah loh sob.
  • Menghentikan Diare
Salah satu alternatif lain mengkonsumsinya ialah kareana untuk mengatasi masalah diare.Serat yang terdapat didalam buah bengkuang ini mampu mengatasi masalah tersebut yaitu dengan cara memakannya secara langsung yah sob.
  • Baik untuk penderita diabetes melitus
Penyebab terjadinya sariawan adalah kekurangan vitamin C,alergi atau kurang stabilnya daya tahan tubuh.Kandungan vitaminC dalam bengkuang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.Caranya cukup dibuat jus dan tambahkan madu
1 sendok makan kemudian ketika minum ramuan buah ini tahan beberapa detik didalam mulut lalu telan
  • Sebagai sumber fitoestrogen alami
Buah bengkuang ini mengandung estrogen,yang baik dikonsumsi untuk wanita yang telah memasuki masa monopause.Sehingga keluhan monopause dapat dihndari,yang dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan lebih menarik.
  • Membantu mengurangi produksi asam lambung.
Ahli Naturopathic menyarankan untuk mengkonsumsi bengkuang dalam keadaan segar.Hal ini karena sifat umbi yang dingin dan alkali,sehingga lebih cepat menyerap asam lambung yang berlebih.
  • Membantu menjaga sistem kekebalan tubuh
Terdapat kandungan fitonutrien dalam bengkuang yang berfungsi meningakatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh,sehingga terhindar dari serangan berbagai infeksi dan ppenyakit yang disebabkan oleh virus,bakteri dan mikroorganisme berbahaya lainnya.
 
 Manfaat Buah bengkuang untuk kecantikan:

  • Mencegah penuaan dini 
Kandungan vitamin c yang tinggi dalam buah ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang menjadikan kulit lebih cepat menua.Mengkonsumsinya secara rutin baik loh sobat

  • Mencerahkan Kulit
Buah bengkuang ini mengandung banyak vitamin B1 dan vit C yang bekerja bersamaan untuk menyehatkan dan menjadikan tampilan kulit lebih cerah berseri.Untuk mencerahkan wajah dengan bengkuang,sobat bisa memanfaatkannya untuk masker. Cukup kupas bengkuang segar,kemudian parut sebagian dan gunakan parutan bengkuang sebagai masker wajah.
  • Mendinginkan kulit
Gunakan masker dari bengkuang yang sudah diparut dan di oleskan ke kulit tubuh dan wajah yang terkena sinar matahari.Sobat bisa mendinginkannya terlebih dahulu dalam lemari es sebelum memarutnya.
  • Menjadikan kulit sehat
Vitamin B1 dan vit C serta berbagai mineral penting dalam buah bengkuang ini bisa menjadikan kulit sobat lebih sehat dan segar. Konsumsi buah bengkuang segar atau jus bengkuang yang tidak ditambahkan pemanis atau susu secara teratur untuk mendapatkan kulit yang segar bercahaya alami

Kandungan yang terkandung dalam umbi bengkuang ialah gula,fosfor dan kalsium.Umbi ini memiliki efek pendingin  karena kadar airnya bisa sampai 86-90%.Rasa manis pada bengkuang ini berasal dari suatu oligosakarida yang disebut inulin(bukan insulin)
Oligosakarida ialah karbohidrat yang terbuat dari gabungan maksimal 10 monosakarida.
Sedangkan Insulin ialah salah satu jenis fruktan atau polimer fruktosa(rantai gabungan monomer fruktosa) yang sebagian besar mengandung sekitar 35unit fruktosa yang dihubungkan satu sama lain dalam rantai lurus oleh ikatan b-2,1 glikosida(karbon 2 dari salah satu fruktosa sebelumnya).

Hidup sehat didapatkan dengan pola makan yang teratur,berolahraga
serta mengkonsumi 4sehat 5 sempurna,sehingga terhindar dari berbagai penyakit.
Demikianlah sobat,manfaat yang terkandung dalam buah bengkuang,
semoga artikel ini bermanfaat dan menambah informasi serta wawasan  kita semua yah,,,
sekian dan terima kasih

0 Response to "Manfaat Bengkuang yang menyehatkan tubuh"

Post a Comment

Silahkan jika sobat yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.