Manfaat Buah Semangka Ternyata Luar Biasa

Hayy sobat,apakabar nih???pastinya sehat kan,amiin semoga selalu dalam lindungan-Nya.
Okeh sobat admin mau berbagi artikel lagi nih,tentang manfaat buah yang baik untuk tubuh kita.
Manfaat buah apa lagi yang mau admin sharing? yuks simak artikelnya di bawah ini
picture by google.com
Ya,gambar diatas pastinya sobat semua tahu kan,benar banget itu adalah gambar buah semangka.
Deskripsi dari buah semangka sendiri ialah salah satu jenis buah yang bisa sobat temukan dengan mudah di indonesia loh,dengan tanaman yang merambat dan daunnya berlekuk-lekuk ditepinya.
Bunganya sempurna,berwarna kuning kecill(diameter 3cm).

Tanaman buah semangka ini berasal dari daerah setengah gurun di afrika bagian selatan loh sobat.
Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan(Cucurbitaceae),melon(Cucumis melo) dan ketimun(Cucumis sativus). Cucurbitaceae(suku labu-labuan) ialah salah satu suku anggota tumbuhan berbunga.

Satu cangkir semangka yang dipotong dadu sebanyak (152gram) mengandung
  • 43 Kalori
  • 0 gram lemak
  • 2 gram natrium
  • 11 gram karbohidrat(termasuk 9 gram guka dan 1 gram serat)
  • 1 gram serat
Satu cangkir semangka akan memberikan 17% dari Vit.A,21% Vit.C,2% dari besi dan 1%dari kebutuhan kalsium untuk hari. Ada juga semangka kuning loh sobat,lihat gambar di bawah
picture by google.com
Semangka adalah andromonoecious monoklin yaitu memiliki 2 jenis bunga pada satu tumbuhan:
bunga jantan,yang hanya memiliki benang sari(stamen) dan bunga banci(hermafrodit) yang memiliki benang sari dan putik(pistillum). Bunga banci dapat dikenali dari adanya bakal buah(ovarium) dibagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.
Ciri dari kulit buah semangka ini keras loh sob,berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Sedangkan warnanya bisa berwarna merah atau kuning,tergantung kultivarnya
Tanaman buah semangka ini cukup tahan akan kekeringan terutama saat memasuki masa pembentukan buahnya loh sob.

Setelah tahu deskripsi buah semangka itu sendiri,pastinya sobat ingin tahu rahasia dari manfaat mengkonsumsi buahnya bukan,yukz simak lagi.......

Manfaat Buah Semangka

1.Mencegah berbagai jenis Kanker

Semangka ini merupakan sumber likopen yang lebih tinggi dibandingkan buah-buahan dan sayuran segar lain.Likopen merupakan antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal oksigean yang berfungsi lebih optimal daripada beta-karoten dan Vitamin E.
Para peneliti juga menemukan kemampuan semangka ini dalam upaya mencegah kanker payudara,prostat,endometrium,paru-paru serta kanker usus besar.

2.Menetralkan tekanan darah tinggi
Dengan kadar kalium yang terdapat dalam buah semangka ini dapat mengurangi risiko penyakit hipertensi bahkan stroke.

3.Untuk kesehatan jantung

The American Heart Association telah memberikan sertifikat bahwa semangka adalah makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung. The American Heart Association sendiri adalah badan yang sejak lama untuk meneliti lebih jauh mengenai organ jantung manusia mulai dari nutrisi yang baik unuk jantung serta pengobatan penyakit yang berkaitan dengan jantung manusia.
The American Heart Association telah menemukan kalium dalam buah semangka yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

4.Membuat tidur jadi nyenyak

Karena kandungan karbohidrat polisakarida didalam semangka ini,yang dapat meningkatkan kadar seretonin.Terjadinya peningkatan kadar seretonin ketika tidur di malam hari membuat otak sobat tidak sensitif terhadap rangsangan yang mengganggu seperti suara,sehingga tidur nyenyak

5,Memperlancar sirkulasi darah

Kaitannya dengan kandungan arginin dalam semangka dapat meningkatkan oksida nitrat,sehingga pembuluh darah bekerja lebih efektif untuk mengalirkan darah serta mengobati dan mencegah disfungsi ereksi.

6.Meredakan Nyeri Otot

Rekomendasi untuk para olahragawan/atlet sebaiknya mengkonsumsi buah semangka sehabis latihan keras.Kandungan citurulline dalam buah semangka akan dikonversi menjadi L-arginine,asam amino serta lemak esensial yang membantu mengurangi nyeri otot pasca latihan sampai dengan hari-hari berikutnya.
 
7.Diuretik Alami untuk Penderita Gagal Jantung Kongestif

Semangka merupakan diuretik alami yaitu obat yang memungkinkan ginjal untuk mengeluarkan urin lebih banyak,yang pada gilirannya akan membantu meghilangkan kelebihan cairan dalam tubuh. Obat diuretik sering diberikan pada pasien yang mengidap gagal jantung kongestif baik dalam bentuk larutan maupun dalam bentuk pil.

 8.Baik Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil
 
Memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil akan membantu meredakan rasa lelah saat hamil,mengurangi rasa mual dan morning sickness yang mungkin terjadi. Kombinasi antara kalium dan magnesium juga mampu mengurangi kram otot yang disebabkan oleh trisemester ke-3 kehamilan. The American Pregnancy Association telah menyarankan agar semua ibu hamil mengkonsumsi minimal 3 iris semangka tiap hari.
Dari Internal Journal of Gynecology dan Obstetrics kelebihan konsumsi makanan yang tinggi likopen ini(semangka) dapat mengurangi risiko pengembangan preeklampsia selama kehamilan.


9.Membuat Mata Lebih Sehat
Hal ini  dikarenakan buah semangka ini mengandung beta-karoten yang akan diubah didalam tubuh menjadi Vitamin A yang merupakan vitamin yang akan menyehatkan organ penglihatan sobat.

10.Meremajakan Kulit
 Masker semangka dapat meremajakan kulit yang kusam. Sangat baik untuk regenerasi sel-sel kulit yang mati.


Demikianlah sobat manfaat Buah Semangka yang barusan admin tulis.
Diet menu makanan atau pola makan teratur adalah hal yang paling penting agar terhindar dari penyakit-penyakit yang datang. Dan dengan diimbangi mengkonsumsi buah ,salah satunya ya semangka ini sobat. Harga yang murah dan terdapat diberbagai tempat dan tidak susah untuk mencarinya dan mudah didapat untuk di konsumsi baik untuk manisan atau langsung makan.

sekian dan maturnuwun

0 Response to "Manfaat Buah Semangka Ternyata Luar Biasa"

Post a Comment

Silahkan jika sobat yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.