Manfaat Buah Pir dan efek sampingnya

  
gambar by google.com

Manfaat Buah Pir - tipsartikelku.blogspot.com
Kembali lagi ane mau ulas tentang manfaat buah yaitu Buah Pir.
Siapa sih yang tidak tahu Buah Pir?  sobat pasti udah pernah memakannya kan? apa sih buah pir itu.....
Buah Pir dalam bahasa Inggris ialah pear merupakan sebutan pohon untuk pohon dar genus Pyrus dan buah yang dihasilkan.
Buah Pir yang matang berwarna kuning dengan bintiki kecoklatan yang samar pada kulitnya. Rasa buah yang manis keasaman sangatlah segar dikonsumsi saat siang hari yang terik apalagi buah pir itu sudah di dinginkan didalam lemari es.

Selain rasa buah yang enak ,kandungan yang terdapat didalam buah pir ini mengandung beberapa manfaat loh sobat.Buah Pir memberikan sejumlah serat yang dibutuhkan,dan memiliki kandungan serat dan antioksidan yang mampu membantu melawan banyak masalah kesehatan dan meningkatkan imunitas .Sobat pasti penasaran kan?manfaat dari buah pir itu apa saja, mari simak ulasan manfaat nya:

1.Meningkatkan Imunitas
Buah ini mengandung 7,5 miligram vitamin C yaitu sekitar 10% dari kebutuhan harian.
Vitamin C ini membantu mencegah ini membantu mencegah infeksi dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

2.Menyapih Anak
Diasarankan untuk mengkonsumsi buah PIR karena hypoallergenic.Rasa Buah Pir yang asam yang rendah ,tidak menciptakan masalah pencernaan.Buahnya dapat dikupas,dipanaskan kemudian dibuat menjadi bubur. Buah Pir tidak boleh diberikan kepada anak-anak  yang sedang diare.

3.Mencegah Osteoporosis
Kandungan buah pir yang kaya akan boron  dapat membantu menyerap kalsium yang dikonsumsi dengan mudah.Mengkonsumsi Buah Pir sangatlah bermanfaat.

4.Menambah Gizi pada Ibu hamil
Asam folat sangat penting bagi wanita yang sedang hamil,untuk menjaga bayi agar tidak mengalami cacat lahir.Kandungan asam Folat dalam buah pir ini dapat membantu solusinya. Disarankan mengkonsumsi secara teratur.

5.Mengatasi Kulit Berminyak
Siapapun orang pasti risih jika terdapat kkulit berminyak diwajahnya,entah karena malu ataupun tuntutan dari sepasang kekasih dan lain sebagainya. Buah pir ini solusinya,caranya gimana?
cukup hancurkan buah pir,campurkan krim segar dan madu,kemudian gunakan pasta ini 3kali seminggu sebagai masker wajah. Seluruh sekresi kelenjar minyak yang ada dikulit akan berkurang.

6.Mengatasi Jerawat
Buah pir mengandung kadar vitamin serta mineral yang tinggi,yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih kuat secara internal. Dan mampu melawan jerawat dan semua jenis infeksi kulit dari dalam.

7.Melembbabkan kulit
Selain kulit berminyak,buah pir ini baik untuk kelembaban kulit loh.Soalnya pir ini mengandung humektan alami,yang berfungsi membantu menyeimbangkan kandungan air yang normal pada kulit dan mempertahankan kelembaban alaminya.Secara luas buah pir digunakan untuk pembuatan lotion pelembab.

8.Menyehatkan Pencernaan
Banyaknya serat yang terkandung dalam buah pir ini,sistem pencernaan dalam tubuh  bekerja dengan cara yang seharusnya. Serat membantu tubuh untuk menyerap vitamin dan mineral dari makanan.
Hal ini juga membantu mencegah dan meringankan sambelit dan wasir,sehingga masalah pencernaan berbahaya seperti kanker usus besar dapat dihindari.

9.Mengontrol tekanan darah
Kalium merupakan mineral yag membantu jantung agar berdetak secara normal dan membuat otot-otot bekerja dengan cara seharusnya.Antikarsinogen glutathione dan anti oksidan hadir dalam buah pir ini untuk membantu mengendalikan tekanan darah.

10.Pencegah Stroke
Sebuah artikel pada tahun 2011 yang diterbitkan oleh American Heart Association melaporkan bahwa makan satu buah pir sehari dapat mengurangi risiko penyakit stroke sebanyak 52%.Buah Pir juga memungkinkan memotong risiko kematian akibat penyakit jantung.


Lalu,apa saja kandungan gizi pada Buah Pir

gambar by google.com

Satu buah pir berukuran sedang(178g) mengandung: 101 kalori,0 gram lemak,27 gram karbohidrat(termasuk 17g gula dan 6 gram serat) serta 1 gram protein.
Buah pir kaya akan antioksidan penting,flavonoid,dan serat makanan. Konsumsi 1buah pir ukuran sedang akan memberikan 12% dari kebutuhan vit.C harian,10%vitamin K dari kalium dan jumlah yang lebih kecil dari kalsium,zat besi,magnesium,riboflavin,vitamin B-6 dan folat.

Selanjutnya,Apa efek sampingnya mengkonsumsi buah pir ini??

Buah pir mengandung jumlah fruktosa yang lebih tinggi dibandingkan dengan glukosa. Diet tinggi FODMAP dapat meningkatkan gas,perut kembung,nyeri
serta diare pada penderita gangguan iritasi usus besar.

FODMAP ialah singkatan dari difermentasi,oligo,Di- dan mono-sakarida dan polyols,segala bentuk fermentasi karbohidrat rantai pendek.

sekian artikel ini ane tulis,semoga bermanfaat dan menambah informasi sobat semua
sekian dan terima kasih :-)

1 Response to "Manfaat Buah Pir dan efek sampingnya"

Silahkan jika sobat yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.