Manfaat Mentimun Untuk kulit,rambut dan kesehatan

MANFAAT MENTIMUN BAGI KULIT,RAMBUT 

DAN  KESEHATAN 


Gambar by google.com
Apa kabar nih sobat semuanya,semoga kita semua selalu di beri kesehaatan yah,amiin
Anne mau membagikan post lagi nih,masih membahas seputar manfaat buah. Dan kali ini ane bahas Manfaat buah timun yang kaya akan manfaat seperti untuk rambutm,kulit,wajah dan sebagainya.
Yuks langsung simak ulasannya.....


Mentimun,timun atau ketimun adalah tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan.Buah nya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran,penyegar ataupun buat rujak,semuanya tergantung jenisnya.Mentimun termasuk kedalam suku labu-labuan dan dalam bahasa ilmiahnya ialah Cucumis sativus L

Kandungan air yang cukup terdapat pada mentimun ini sangat  menyejukkan dan menyegarkan loh.
Selain bisa langsung dikonsumsi ,mentimun ini bisa dipotong-potong atau diparut loh sobat untuk melembabkan wajah dan dipercaya dapat menurunkan darah tinggi.
Habitus mentimun berupa herba lemah melata/setengah merambat dan merupakan tanaman semusim(setelah berbunga dan bebuah tanaman timun ini langsung mati)

Untuk perbungaannya sendiri,mentimun berumah satu(monoecious) dengan type bunga jantan dan bunga hermafrodit(banci).Bunga pertama yang dihasilkan biasanya pada usia 4-5minggu adalah bunga jantan.Sedangkan bunga-bunga selanjutnya adalah bunga banci apabila pertumbuhannya baik.
Satu tanaman timun ini dapat menghasilkan 20 buah loh sob.

Lalu apa sih manfaat mentimun ini ??? 

Untuk yang pertama ane mau bahas manfaat mentimun untuk Rambut

    gambar by google.com
  • #Manfaatnya untuk rambut ialah:

Manfaat yang paling penting untuk rambut adalah memperkuat rambut.Mentimun dalam bentuk jus berkontribusi bagi pertumbuhan rambut loh sob.Karena kandungan silikon,sulfur sodium,fosfor dan kalsium merupakan nutrisi yang paling dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.Minumlah secara rutin ya sob,agar bisa mengontrol kerontokan rambut agar tidak rontok.Jus mentimun juga dapat digunakan untuk membilas rambut ,sehingga rambut menjadi halus dan mengkilap.Sayuran tinggi air ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda pada alat yang terbuat stainless steel di rumah sehingga bisa mengkilat lagi.Bahan kimia yang ditemukan dalam mentimun juga dapat digunakan untuk poles pengkilap sepatu.


    gambar by google.com
  • #Manfaatnya untuk kulit ialah:
Tahukah sobat,sebagian besar produk perawatan kecantikan kulit ialah berasal dari sari buah mentimun.Buah mentimun mentah juga banyak digunakan di banyak salon kecantikan dalam proses facial.Manfaat paling penting bagi kulit ialah revitalisasi.Masker wajah yang mengandung sari mentimun bermanfaat untuk mengencangkan kulit.
Buah mentimun juga mengandung kandungan pemutih ringan yang dapat membalikkan taning pada kulit sehingga kulit kembali muda dan bercahaya kembali.
Kandungan Asam askorbat dan asam caffeic dalam mentimun juga bisa membantu mengurangi pembengkakan disekitar mata.Cara lain mengolah buah timun ialah dengan di iris-iris ataupun dihaluskan .Cukup dioleskan pada kulit agar kulit tetap mengkilap dan lembut secara alami serta mengobati luka bakar akibat sengatan sinar matahari.

    gambar by google.com
  • #Manfaatnya untuk kesehatan  ialah: 

1.Melindungi otak
Zat flavonol(fisetin) yang terkandung dalam mentimun  memiliki manfaat dalam peningkatan memori dan melindungi sel-sel saraf dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia

2.Asupan Antioksidan
Beragam jenis antioksidan juga terdiri dari flavonoid,quercetin,apigenin,luteolin,kaempferol,serta vitamin C dan beta karoten.Antioksidan ini dapat membantu melawan ppertumbuhan gejala kanker dan menurunkan risiko penyakit kronis termasuk penyakit jantung.

3.Menjaga asupan air bagi tubuh
Mentimun mengandung 96% kadar air yang lebih baik dibanding air biasa.Mengkonsumsi timun juga dapat menghindarkan diri dari yang namanya DEHIDRASI dan tentunya membantu menetralkan toksin dalm tubuh.

4.Menyehatkan Jantung
Kandungan dalam jus mentimun berupa kalium juga magnesium dan serat yang sangat baik untuk dikonsumsi bagi kesehatan penderita darah tinggi ataupun darah rendah.
Sebagai elektrolit,kalium adalah ion yang memiliki muatan positif yang harus dipertahankan dalam konsentrasi tertentu(sekitar 30X lebih tinggi dalam daripada diluar sel) dalam rangka melaksanakan
fungsinya.Hal ini meliputi interaksi zat terhadap sodium,untuk membantu transmisi impuls kontrol saraf,kontraksi otot,dan fungsi jantung

5.Menjaga berat badan yang sehat dan stabil
Buah mentimun yang sangat rendah kalori ini sangat membantu untuk memperlambat pencernaan dan diet alami.Perut akan merasa kenyang lebih lama dan inilah alasannya kenapa makanan kaya serat dapat membantu mengontrol berat badan.

6.Untuk kesehatan gigi da tulang
Mengunyah mentimun dapat merangsang kelanjar air liur untuk meproduksi lebih banyak dan dapat mengurangi zat asam pada rongga mulut serta bakteri yang tumbuh didalamnya.Penyakit gusi lain sperti pyorrea secara efektif dapat diobati oleh ketimun.

7.Mendukung pencernaan yang sehat
Air dan serata merupakan komponen dasar yang paling kaya keberadaannya dan paling diperlukan untuk pencernaan.KAndungan air dan serat ini membersihkan usus dari racun. Selain itu kulit mentimun mengandung serat larut yang membantu menambah kebutuhan buang air besar.

8.Membantu menyembuhkan gejaka reumatik & asam urat
Vitamin A,B,Folat,Kalium,Magnesium dalam mentimun yang dicampur dengan jus wortel untuk meredakan nyeri astritis dan kadar asam urat dalam tubuh.

Kemudian Efek samping nya apa???
  • Dapat menyebabkan alergi jika tidak cocog mengkonsumsi buah ini,terutama disekitar rongga mulut  yang menimbulkan gatal,dan pembengkakan.Dapat dicegah kok sob  dengan memasaknya dulu sebelum dikonsumsi(tidak dimakan mentah)
  • Mengkonsumsi mentimun dalam jumlah berlebihan mentimun juga dapat menyebabkan keracunan dan kebotakan karena mengandung bahan kimia tertentu.Untuk menghindari hal ini hindari memilih buah mentimun yang berkulit keriput atau memiliki rasa kurag segar(pahit)
  • Pada beberapa orang mungkin akan mengalami gangguan pencernaan dan menyebabkan masalah  grastritis,karena kandungan senyawa Cucurbtacin pada mentimun.Tidak semua orang kok sob.

Pada dasarnya mengkonsumsi sesuatu atau memakai sesuatu yang berlebihan adalah tidak baik.
Konsumsilah sewajarnya saja ya sob,dan tidak berlebihan...hehe
Dan sekian dulu ya sob,,,jumpa lagi di artiel-artikel selanjutnya.
Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah informasi kita semua yah.
sekian dan terima kasih,,, :-)



2 Responses to "Manfaat Mentimun Untuk kulit,rambut dan kesehatan"

  1. memang saya sering praktek saat di kampus menggunakan mentimun untuk wajah bak:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perawatan wajah alami..tapi murah mbak tini 😸

      Delete

Silahkan jika sobat yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.