Manfaat Jeruk bagi kesehatan dan Jenisnya

MANFAAT BUAH JERUK


picture by google.com
Jeruk merupakan jenis buah yang kaya akan vitamin C dan berwarna kuning buahnya.
Jeruk atau nama lainnya limau ini semua anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar ,meskipun banyak diantara anggotanya yang memilik rasa manis.Rasa yang masam ini berasal dari kandungan asam sitrat.Buah segar,berkulit kuning saat telah masak ini memang sangat mudah ditemukan baik di pasar maupun kios buah.

Jeruk ini berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara,membentuk sebuah busur yang membentang dari jepang terus ke selatan hingga kemudian membelok ke barat ke arah india bagian timur.Jeruk manis dan sitrun (lemon) berasal dari Asia Timur,sedangkan jeruk bali,jeruk nipis dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara. Banyak anggota jeruk yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan,wewangian,maupun industri.

MANFAAT JERUK 

Manfaat buah jeruk untuk kesehatan:
  • Mencegah Kanker ,buah jeruk dapat mencegah kanker loh sobat  seperti  kanker payudara,kanker kulit,kanker paru-paru,kanker mulut dan kanker usus besar. Kemampuannya ini karena memiliki kandungan D-Limonene yang merupakan senyawa anti kanker
  • Menurunkan Kolesterol. Solusi mudah bagi sobat semua yang ingin menurunkan kolesterol nan murah ,konsumsilah buah jeruk. Karena kandungannya yang memiliki Pectin dan Hesperidin yang terkandung didalamnya mampu menurunkan kolesterol jahat.
  • Menurunkan Tekanan darah tinggi. Berdasarkan peneltian,buah jeruk mampu menurunkan darah tinggi karena ada kandungan Hesperidin dan Magnesium .
  • Mengurangi radang sendi dan otot. Bagi sobat yang sedang menjalani masa pemulihan fisioterapi akibat patah tulang disarankan mengkonsumsi buah jeruk.
  • Menjaga fungsi otak. Karena kandungan asam folat yang berdasarkan pada penelitian mampu membantu perkembangan otak .
  • Sebagai Daya tahan Tubuh terhadap penyakit.
  • Antioksidan. Buah jeruk dapat menangkal radikal bebas .Maka rutinlah yah sobat mengkonsumsi buah jeruk ini agar terlihat awet muda dan mencegah potensi penuaan dini.
  • Menurunkan Rsisiko Kanker hati. Kareena terdapat kandungan Karetonid
  • Memelihara Kesehatan Jantung. Konsumsi secara teratur dapat membantu mencegah penyakit detak jantung tidak beraturan atau kardiak artimia,karena terdapat kandungan kalium didalamnya berperan menjaga detak jantung berjalan normal
  • Terhindar dari infeksi bacteri
  • Mengobati Sambelit dan Susah BAB
Manfaat Buah Jeruk Untuk Kecantikan ialah:
  • Buah Jeruk dapat menghaluskan kulit
  • Jeruk dapat menyejukkan kepala
  • Dapat mengembalikkan kilau alami rambut
baca juga artikel menarik sehat lainnya:

manfaat jambu biji
manfaat jambu air

selanjutnya adalah,,,,,,

JENIS-JENIS JERUK

1.Jeruk Manis
picture by google.com

Jeruk ini paling banyak jenisnya,mulai dari jenis medan,pontianak,keprok dan jeruk peras.Selain langsung bisa dimakan,air jeruk manis ini juga bisa dimanfaatkan untuk minuman dan puding yang enak loh sobat

2.Jeruk Nipis

picture by google.com
Warna dari jeruk ini adalah hijau dan agak menguning setelah masak/matang buahnya. Bentuknya bulat dan licin karena mengandung banyak air. Air yang kaya akan asam sitrat  ini dapat mengurai serat daging  untuk menghilangkan bau ams pada ikan dan daging seperti daging kambing

3.Jeruk Lemon
picture by google.com

Warna dari jeruk ini berwarna kuning muda,berkulit licin dan mengandung banyak air. Kulit dari Jeruk jenis ini bisa dibuat menjadi selai jeruk(selai mamalade). Jika jeruk lemon ini dipotong tipis melintang dapat digunakan untuk hiasan minuman ,punch dan salad. Rasa dari jeruk lemon ialah asam dan beraroma khas.

4.Jeruk Mandarin
picture by google.com


Jeruk ini sepintas mirip jeruk orange ,tapi warnanya lebih jingga dan lebih kecil.
Contoh jeruk mandarin ialah ponkam,dan  mandarin imperial. Juringnya yang kecil bisa dimanfaatkan sebagai hiasan cake dan tarlet.

5.Jeruk Orange
picture by google.com

Contoh dari buah jeruk ini ialah Navel Orange , valencia orange , dan floridda orange. Buah jeruk orange sendiri selain enak rasanya saat dikonsumsi matang juga bisa dibikin jus loh temen-temen,es krim aaupun campuran cake dll.

6.Jeruk Bali
picture by google.com

Siapa sih yang belum tau jeruk bali? hmm... sobat pastinya tau donkz. Ya Jeruk Bali merupakan buah jeruk yang paling besar diantara jenis-jenis yang lainnya. Kulitnya berwarna hijau dan tebal,dagingnya kesat warnanya putih agak merah muda dan merah. Setelah kulit juringnya dikupas,daging buah jeruk bali bisa digunakan sebagai campuran salad,asinan,rujak dan es serut juga loh sobat,hmmm mau coba kan???.

7.Jeruk Grapefruit
picture by google.com


Hmmm....Jeruk jenis ini agak mirip jenis jeruk orange sih sobat,tapi ada hal yang membbedakannya loh sobat. Dari bentuknya lebih besar dari orange dan rasanya agak asam. Grapefruit kuning warna kulitnya kuning,sedangkan Grapefruit merah kulitnya agak jingga sebagian bersemu merah dan rasanya lebih manis. Oiya air jeruk ini juga bisa dijadikan jus loh dan campuran puding,sedangkan juringnya bisa digunakan untuk campuran salad dan compote buah.

8.Jeruk Darah
picture by google.com


Jeruk darah ini sangat dikenal langka dan hanya bisa dikembangkan didaerah tertentu loh sob.
Akan tetapi,sekelompok inggris memodifikasinya gen jeruk ini agar bisa dikembangkan diseluruh penjuru dunia. Jeruk darah mendapat warna merah khas dari  pigmen antosianin yang dikenal juga bermanfaat bagi kesehatan,seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Secara komersial,jeruk ini bisa dikembangkan didaerah tertentu di Italia.Akibatnya,jeruk ini pun tergolong premium dan tentu saja dijual dengan harga mahal. Dan pigmen jeruk ini hanya berkembang di iklim tertentu dimana buah ini terkena periode musim dingin yang singkat

9.Jeruk Purut
picture by google.com

Merupakan tumbuhan perdu yang dimanfaatkan buah dan daunnya sebagai bumbu penyedap masakan ataupun cuci piring.Jeruk purut ini dikenal dalam dunia perdagangan internasional adalah kaffir lime ,sementara nama lainnya makruut(Thailand),krauch soeuch(Kamboja),khi hout(Laos), shouk-pote(Burma), kabuyau,kulubut,kolobot(Fillipina) dan truc (Vietnam)

10.Jeruk Santang
picture by google.com


Jeruk ini memiliki rasa manis yang bervariasi ,dari yang manis sekali,manis sedang sampai dengan manis sedikit asam yang menyegarkan. Bentuk yang imut atau sedikit besar tidak akan memastikan bahwa rasa jeruk ini akan manis atau sebaliknya.

11.Jeruk Kumquat
picture by google.com

Jeruk Kumquat atau jeruk kingkit merupakan keluarga jeruk-jerukan(rutaceae) dan buahnya hampir sama dengan jeruk keprok/orange. Hanya saja ukuran buahnya lebih kecil dan berbentuk oval. Ketika matang dengan sempura,maka kulit yang berwarna hijau berubah menjadi kuning cerah.

12.Jeruk Jerpaya
picture by google.com

Sekilas jeruk ini menyerupai pepaya,makannya dinamakan jeruk Jerpaya. Di dunia kuliner ,jeruk jenis ini lebih dikenal/populer dengan nama jeruk sukade. Kuli Jeruk ini bisa digunakan untuk manisan pada zaman orang terdahulu.Varian jeruk jerpaya sebagian besar  adalah memliki rasa manis dan kaya akan vitamin C dan antioksidan.

13.Jeruk Navel
picture by google.com

Jeruk unik ini memliki 3 sekat atau kamar didalmnya. Disebut navel karena dibagian bawah buah tersebut terdapat lubang yang menyerupai pusar manusia (dalam bahas inggris:Navel). Jeruk jenis ini dibudidayakan terutama di Brazil,California,Arizona dan Florida.

14.Jeruk Satsuma
picture by google.com

Jeruk ini adalah jeruk yang bisa tahan terhadap udara dingin. Jeruk inipun berasal dari Jepang loh sob. Bentuk dari buah ini mirip-mirip buah pir(pear) dengan banyak air dan aroma yang harum dan khas jeruk. Jenis jeruk satsuma ialah seperti Owari satsuma yang hampir tidak berbiji dan Wase yang rasanya manis dan segar . Jenis Owari satsuma merupakan jenis yang cepat matang buahnya.

15.Jeruk Medan
picture by google.com
Jeruk medan merupakan salah satu produk agroindustri yang berasal dari Sumatera Utara. Jeruk medan mempunyai nama ilmiah Citrus sinesis(L). Buah jeruk ini berukuran sedang ,tangkainya kuat,bentuknya bulat-bulat lonjong atau bulat rata (papak) dengan bagian dasar,dan bergaris tengah 4-12cm. Ciri Buah yang masak ialah berwarna orange,kuning atau hijau  kekuningan,berbau sedikit harum,agak halus dan tidak berbulu,kusam serta sedikit mengkilat. Kulit buahnya tebal 0,3-0,5 cm dari tepi berwarna kuning atau orange tua dan makin kedalam berwarna putih kekuningan sampai putih ,berdaging dan melekat pada dinding buah.

16.Jeruk Jari Budha
picture by google.com

Merupakan salah satu anggota dari famili Rutaceae (jeruk-jerukan). Nama latin jeruk jari budha ialah Citrus medica,dimana ciri-ciri sama persis dengan jeruk tapi ada yang beda dari jeruk ini sobat. Bedanya jeruk ini memiliki buah yang membentuk jari dan apabila sudah tua akan berubah warna menjadi kuning. Orang China menggunakannya sebagai pengahrum ruangan,untuk manisan,campuran bumbu masak maupun obat dll.
Ramuannya buat obat ialah jeruk diiris tipis-tipis kemudian keringkan tanpa cahaya matahari lalu direbus. Nah,air rebusan ini nantinya diminum untuk menyembuhkan sakit maag,pencernaan serta masuk angin.Bahkan kuncup daun dan bijinya sangat ampuh untuk penyakit cacingan.


Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan sobat semua
sekian dan terima kasih :-)

1 Response to "Manfaat Jeruk bagi kesehatan dan Jenisnya"

Silahkan jika sobat yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.