Kejujuran adalah kesederhanaan yang menyenangkan || Cerita Motivasi Kejujuran



Baiklah sobat bloggers,, dipostingan kali ini ane mau kasih sebuah cerita motivasi lagi ,tentang arti sebuah kejujuran . dari cerita motivasi ini
wajib kita tiru dan kita contoh juga yah sobat sobat semua ,Insha Allah hidup kita akan tenang dan damai ,,amiinn

Cek langsung nih sobat- sobat semua,,,,,

Kejujuran adalah Kesederhanaan yang Paling Mewah



Khalifah Umar bin khattab sering melakukan ronda malam seharian. Sepanjang malam ia memeriksa keadaan rakyatnya langsung dari dekat. Ketika melewati sebuah gubuk,Khalifah Umar merasa curiga melihat lampu yang masih menyala. Di dalamnya terdengar suara orang berbisik-bisik.

Khalifah umUmar menghentikan langkahnya,ia penasaran ingin tahu apa yang sedang mereka bicarakan. Dari balkk bilik Khalifah Umar mengintipnya. Tampaklah seorang ibu dan anak perempuannya sedang sibuk mewadahi susu.

Si anak:
"Bu,kita hanya mendapat beberapa kaleng hari ini."

"Mungkin karena musim kemarau,air susu kambing kita jadi sedikit."

Sang Ibu:
"Benar anakku,

 Tapi jika padang rumpit mulai menghijau lagi,pasti kambing-kambing kita akan gemuk. Kita bisa memerah suau sangat banuaj," harap anaknya

Sang ibu:
"Hmmm....,sejak ayahmu meninggal penghasilan kita sangat menurun. Bahkan dari hari ke hari rasanya semakin berat saja. Aku khawatir kita akan kelaparan.

" Nak,bisik ibunya seraya mendekat.
"Kita campur saja susu itu dengan air,supaya penghasilan kita cepet bertbah?,
Anak perempuan itu tercengang. Ditatapanya wajah sang ibu yang keriput. Ah,wajah itu begitu lelah dan letih menghadapi tekanan yang begitu besar dihatinya. Namun ,ia segera menolak keinginan ibunya.

" Tidak bu!!!",(katanya cepat)
Khalifah melarang keras semua penjual susu mencampur susu dengan air. " Ia teringat sanksi yang akan dijatuhkan kepada siapa saja yang berbuat curang kepada pembeli.
"Ah! Kenapa kau dengarkan Khalifah itu? Setiap hari kita selalu miskin dan tidak akan berubah kalau tidak melakukan sesuatu,gerutu sang ibu.

" Ibu,hanya karna kita ibgin mendapatkan keuntungan apa kita harus berlaku curang pada pembeli???
" Tapi tidak akan ada yang tahu kalau kita mencampurnya dengan air,twngah malam begini mana ada yang berani keluar malam".
Khalifah umar pun tidak akan tahu perbuatan kita,kta ibunya memaksa.
"Ayolah nak,mumpung tengah malam,tidak ada yang melihat kita!!!

" Bu ,meskipun tidak akan ada yang tahu,tapi Allah Swt tetap melihat kita. Allah mengetahui perbuatan kita serapih apapun kita menyembunyikannya,tegas sang anak itu dan ibunya mengela nafas panjang...
Sungguh kecewa hatinya mendengar anaknya tak mau menuruti kemauanya.
Namun di lubuk hatinya sang ibu kagum akan kejujuran sang anak.
"Aku tidak akan melakukan ketidak jujuran di waktu ramai maupun sunyi,aku yakin Allah akan tetap selalu mengawasi apa yang kita lakukan setiap saat,kata sang anak itu.

Tanpa berkata kata ibunya langsung pergi ke kamar,sedangkan anak perempuannya menyelesaikam pekerjaannya.

          Diluar bilik ,khalifah Umar tersenyum kagum akan kejujuran anak perempuan itu.
" Sudah sepantasnya ia mendapatkan hadiah!" gumam Khalifah Umar. Khalifah umar segera beranjak pergi,dan cepat cepat pulang ke rumahnya. Keesokan paginya ",Khalifah umar memanggil putranya" Ashim bin Umar. Dan menceritakan gadis penjual susu itu.

"Anakku ,menikahlah dengan gadis itu,ayah menyukai kejujurannya. Dizaman sekarang ,jarang ada seseorang seperti itu,ia tidak takut kepada manusia melainkan Allah swt yang maha melihat". Ashim pun setuju
Beberapa hari kemudian Ashimpun melamar gadis itu. Betapa terkejutnya anak dan ibu gadis itu,dengan kedatangan putra khalifah takut akan ditangkapnya karena suatu kesalahan.
" Tuan saya dan anak saya tidak pernah melakukan kecurangan dalam menjual susu,jadi jangan tangkap kami,sahut ibu tua itu ketakutan.
Putra khalifah hanya tersenyum. Dan mengutarakan maksud tujuannya dengan menyunting sang anak gadis itu

Bagaimana mungkin????? Kata ibu
Tuan adalah anak dari putra seorang khalifah,sedangkan anakku gadis miskin penjual susu?

Khalifah adalah seorang yang tidak membedakan manusia,sebab ketawakalanlah yang meninggikan derajat disisi Allah Swt,Ashimpun tersenyum.
"Ya ,aku lihat anakmu sangat jujur,kata Khalifah Umar... Ibu dan anak pun saling berpandangan dan bagaimanakah khalifah bisa tahu,padahal selama ini belum pernah kenal mereka
" Setiap malam aku suka berkeliling memeriksa rakyatku,malam itu aku dengar percakapan kalian.
Ibu itu bahagia sekali ,ternyata Khalifah Umar sangat bijaksana,menilai seseorang bukan dari kekayaan tapi pada kejujurannya.

Sesudah Ashim menikah dengan gadis itu,kehidupan mereka sangat bahagia.
Keduanya membahagiakan kedua orang tuanya dengan penuh kasih sayang.Beberapa tahun kemudian mereka dikarunia seorang anak dan kelak akan menjadi orang besar yang memimpin bangsa Arab yaitu Khalifah Umar bin Abdul Aziz.

Petikan makna diatas ialah


Sahabat blogers, Jujur adalah sebuah ungkapan yang sering acap kali kita dengar dan menjadi pembicaraan. Orang yang jujur diberi amah berupa harta,hak-hak dan juga rahasia-rahasia.
Kalau kemudian melakukan kesalahan atau kekeliruan,kejujurannya dengan izin Allah akan dapat menyelatkannya
Sementara pendusta sebiji sawipun tidak akan dipercaya. Jikapun terkadang diharapkan kejujurannya itu tidak mendatangkan ketenangan dan kepercayaan.. Dengan kejujuran maka sahlah perjanjian dan tenanglah hati.
Menyampaikan kebenaran walaupun pahit dan tidak memperdulikan celaan para pencela dalam kejujurannya.

"Orang yang tidak jujur menungkapkan kesalahannya dari diri mereka sendiri, sementara yang jujur,tahu akan kesalahan dan mengakuinya.

#tetap tersenyum dan selalu semangat
#spirit

0 Response to "Kejujuran adalah kesederhanaan yang menyenangkan || Cerita Motivasi Kejujuran "

Post a Comment

Silahkan jika sobat yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.