Manfaat Belimbing Wuluh

tipsartikelku.blogspot.com - hallo sobat semua jumpa lagi bareng gue,sebelum ke pembahasan ane mau tanya nih, apakah sobat semua pernah denger Belimbing wuluh??/ dan apakah sobat juga pernah memakannya atau bahkan sering menjumpainya.

Ya,Belimbing wuluh yang sobat pernah denger dan mungkin pernah memakannya ternyata banyak manfaat yang terkandung didalamnya loh.
Kira-kira apa saja nih manfaat dan khasiatnya??? mari simak bareng ya sob.


                    Belimbing wuluh-Merupakan sejenis pohon kecil yang diperkirakan berasal dari kepulaauan Maluku dan dikembangbiakkan serta tumbuh di Indonesia,
Fillipina,Sri Lanka,Myanmar dan Malaysia.

Tumbuhan ini biasanya ditanam di pekarangan untuk diambil buahnya yang memiliki rasa asam
dan bisa juga digunakakan sebagai bumbu masakan dan campuran ramuan jamu tradisional.

Nama ilmiah dari Belimbing wuluh tersendiri adalah Averrhoa bilimbi,belimbing wuluh adalah pohon buah yang tingginya mencapai 5m.Batangnya tak begitu besar ,bergaris tengah 30cm kasar dan berbenjol-benjol,percabangannya sedikit dan condong keatas.
 -
 

Manfaat Belimbing wuluh diantaranya yang sobat perlu ketahui:

1.Mengatasi Diabetes

Ambillah sebanyak 6 buah belimbing wuluh dilumatkan lalu direbus dengan segelas air hingga sisa separuhnya,kemudian saring dan diminum 2kali sehari yah sobat.Zat asam yang terkandung dalam buah ini sangat ampuh untuk membantu menghilangkan dan menekan diabetes pada tubuh.

2.Efektif untuk mengobati sakit gigi

Cara yang dilakukan adalah sobat cukup menumbuk belimbing wuluh
dan meletakkannya pada gigi berlubang. Tunggu dan rasakan efeknya dan tentunya sabar ya sob.

3.Mengatasi Jerawat

Karena mengandung zat asam yang memberikan efek sedikit sakit bagi jerawat aktif. Dan terdapat juga kandungan antioksidan dalam belimbing wuluh yang dapat membantu mengerutkan dan mensamarkan jerawat yang ada di wajah.

4.Mengobati Batuk

gimana caranya nih???
Cukup ambil 3 buah belimbing wuluh,beberapa butir adas,dan gula secukupnya lalu ditambah satu cangkir air. Campuran ditim selama beberapa jam.
Setelah dingin disaring dengan kain dan dibagi untuk dua kali minum,yaitu pagi dan malam saat perut masih kosong.Dan khusus untuk batuk rejan, Ambillah 10 buah belimbing wuluh dicuci bersih,remas dengan dua sendok air garam kemudian saring dan minumnya 2kali yah Sob.

5.Mengatasi Panu

Pastinya sobat semua tahu panu kan? ya benar,panu merupakan penyakit kulit sejenis jamur.
Dan sobat pasti risih kan jika di kulit ada panunya?, Mengkonsumsi blimbing wuluh menjadi alternatif loh. Karena belimbing wuluh memiliki sifat anti jamur yang sangat ampuh untuk membantu dan menghilangkan panu secara bertahap.

gimana caranya sobat?????

ambillah belimbing wuluh yang sudah di parut terlebih dahulu ya sob,lalu tempelkan belimbing wuluhnya yang sudah diparut ke kulit yang ada panunya. Insha Allah hilang dan rutin ya sob.

6.Mencegah Hipertensi

gimana nih caranya???
Cukup dengan rebus 3 buah belimbing wuluh dengan 2gelas air hingga menjadi 1/2 gelas. Lalu minum setiap hari 1kali hingga tekanan darah berkurang.

7.Mengatasi Sariawan

Memang sedikit ekstrim dan cukup perih juga sih sobat,tapi jika mau mencoba cara ini bisa menyembuhkan sariawan loh. Caranya cukup dioles ke bibir sariawan dengan belimbing wuluhnya.


       
                    Manfaat Belimbing wuluh bagi kesehatan tersebut diatas karena banyak kandungan unsur alami didalamnya seperti Glukosid,Tanin,Asam folarmat,Peroksida,Saponin,Kalsium oksalat,Sulfur,dan Kalium sitrat.Rasa asam dari belimbing wuluh yang sangat nikmat dan bisa dijadikan kudapan seperti rujak atau asinan dan kaya akan Vitamin C loh sobat.


Itulah beberapa manfaat dari Belimbing wuluh,Jika artikel ini bermanfaat silahkan share dan kasih tau teman sobat ya. Maaf juga kalau ada kesalahan pengetikan.
Semoga bermanfaat dan menambah informasi bagi kita semua ya sob.

sekian dan terima kasih :)

0 Response to "Manfaat Belimbing Wuluh"

Post a Comment

Silahkan jika sobat yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.