Trik Agar Cabai jadi Awet

Trik Membuat Cabai Awet

Cabai adalah tanaman/buah anggota genus capsicum. Buahnya bisa digolongkan ke dalam jenis sebagai sayuran maupun bumbu, sesuai kebutuhan dan kegunaannya. Di Asia Tenggara cabai pedas sangat populer untuk digunakan sebagai bumbu dan penguat rasa makanan. Bagi seni masakan padang, sangat tidak lengkap jika tidak dibuat tanpa menggunakan cabai.

Di Zaman sekarang ini, harga cabai memiliki harga yang lumayan mahal. Kandungan zat didalam cabai juga terdapat antioksidan tinggi loh sob. Antioksidan pada cabai berfungsi sebagai penangkal radikal bebas di dalam tubuh, terutamanya terdapat pada cabai hijau. Cabai juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yang berperan sebagai zat antikanker. Selain kandungan tersebut diatas, cabai juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan harian setiap orang. Namun harus di ingat tetap dikonsumsi secukupnya untuk menghindari nyeri pada lambung.

Namun bukan secara keseluruhan manfaat cabai yang mau saya bahas, melainkan trik agar cabai jadi lebih awet.

Nah, Bila sobat senang memasak makanan pedas, membeli cabai dalam jumlah banyak akan lebih murah tentunya. Untuk itu, harus punya trik membuat cabai agar lebih awet dan tetap segar, emm tentunya tidak cepat busuk yah. Apa saja trik itu?  Sobat tentunya ingin mempraktekanya juga di rumah kan, yuks simak ulasannya dibawah ini:
  • Pilih cabai yang masih bertangkai hijau
Di ulasan yang pertama, Adanya tangkai ini menjadikan cabai lebih segar dan tahan lama loh sob. Walaupun masih bertangkai, bila ada cabai yang patah, pisahkanlah dari cabai yang utuh. Bisa langsung praktek di rumah masing-masing yah.
  • Keringkan cabai
Yang kedua, Mengeringkan cabai juga bisa membuatnya tahan lama loh sob, masa sih? Salah satu caranya adalah dengan merangkai cabai di tali, lalu dijemur hingga kering. Bila suka, cabai kerinv ini bisa sobat giling hingga menjadi bubuk cabai.
  • Dibuat acar
Ketiga, Cabai juga bisa diawetkan dengan cara merendamnya dalam botol selai berisi air cuka hingga menjadi acar cabai.
  • Bekukan cabai
Ke empat, Membekukan cabai juga bisa menjadi pilihan sobat untuk mengawetkannya. Misal didalam lemari es dll, dan sebaiknya masukkan cabai ke wadah plastik terlebih dahulu yang kedap udara sebelum dibekukan.
  •  Dijadikan sambal goreng
Next kelima, Blender cabai dengan sedikit minyak goreng, lalu digoreng hingga seperti sambal goreng. Masukkan sambal cabai ini ke dalam botol selai dan simpan dalam kulkas. Bila ingin lebih awet lagi, sobat bisa membaginya dalam beberapa kantung plastik kecil, lalu dibekukan. Setiap kali sobat butuh, sobat tinggal mengambil satu kantung.
  • Merendam dengan minyak zaitun
Dan yang ke enam, Susun cabai dalam botol selai dengan cara didirikan, lalu tuangkan minyak zaitun ke dalamnya. Simpan rendaman cabai berminyak ini di tempat yang sejuk dan gelap.

Demikianlah trik agar cabai menjadi awet, semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat-sobat semua. Jikalau perlu sobat ingin mempraktekanya di rumah masing-masing. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya, terimakasih 😀

0 Response to "Trik Agar Cabai jadi Awet "

Post a Comment

Silahkan jika sobat yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.