Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih


Alhamdulillah jumpa lagi dengan saya, setelah beberapa minggu saya nggak nulis di blog ini. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan keberkahan yah sobat,amiin. Pada kesempatan ini saya mau nulis arikel tentang manfaat daun yaitu daun sirih. Apa saja kandungan dan manfaat didalamnya? Mari kita simak bareng-bareng sob.
Definisi daun sirih sendiri merupakan tanaman asli dari indonesia yang tumbuh merambat maupun bersandar pada batang pohon sekitarnya. Kebiasaan orang terdahulu(nenek dan kakek kita) sering menggunakan daun dan buahnya untuk dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur. Akan tetapi mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan. Zat kapurnya juga membuat pengerutan gusi (periodentitis) yang dapat membuat gigi tanggal walaupun kita tahu kalau daun sirihnya mengandung antiseptik pencegah gigi berlubang. Sirih merupakan flora khas provinsi Kepulauan Riau. Masyarakat Riau sangat menjunjung tinggi upacara adat dengan makan daun sirih khususnya pada saat upacara penjemputan tamu dan menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit.

Nama latin dari daun sirih ini adalah piper batle l. Tanaman sirih biasa digunakan sebagai obat karena mengandung minyak atsiri, kavikol, gula, seskuiterpen, zat samak, pati, dan juga minyak terbang atau betlephenol. Daun sirih berkhasiat menghangkan bau badan yang ditimbulkan oleh bakteri juga bersifat menahan perdarahan,menyembuhkan luka pada kulit dan gangguan saluran pencernaan. Selain bersifat seperti yang diatas, daun ini juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan pendarahan. Biasanya untuk obat mimisan (hidung) cukup pakai 2 lembar daun sirih segar yang sudah dicuci bersih kemudian digulung lalu dimasukkan ke dalam lubang hidung. Kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendikkan hama penghisap. Apa saja manfaat dari daun sirih nih sob, penasaran kan? Mari simak dibawah:

Manfaat Untuk Kesehatan


Beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan diantaranya:

1. Mengatasi masalah keputihan, cara penggunaannya cukup gampang sob dengan merebus 5-10 lembar daun sirih merah dalam 250ml air. Setelah dingin pisahkan airnya yang disaring, lalu gunakan disekitar daerah kewanitaan.

2. Menghilangkan bau mulut, caranya rebuslah 10-15 daunnya dalam 4 gelas air sampai tersisa setengahnya. Lalu gunakanlah untuk berkumur.

3. Obat luka bakar ringan, caranya tumbuk 3-5 lembar daun sirih merah dengan 2 sendok teh madu. Oleskan pada luka rutin ya, sehari dua kali.

4. Mengobati demam berdarah, dengan merebus 5-6 daunnya dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan 2kali sehari yah secara rutin.

5. Mengobati penyakit asma, siapkan 4-5 daunnya lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tereduksi sampai 1 gelas saja. Minumlah ramuan tersebut 2 s/d 3 gelas sehari

6. Menyembuhkan radang tenggorokan, rebuslah 4-5 daun sirih dalam 2 gelas air sampai tereduksi setengahnya. Minumlah rutin 2-3 gelas dalam sehari.

7. Mengobati batuk, rebuslah 5 daun sirih merah dalam 300ml air lalu minum rebusan air tersebut 2 gelas sehari secara rutin.

8. Mengobati penyakit Bronchitis, ambil 6-10 lembar daun sirih dalam rebusan 300ml air hingga tereduksi setengahnya saja. Minumlah secara rutin 3 gelas sehari.

9. Melancarkan haid, ambil 3 lembar daun saja dan 10gram mahkota dewa, 15gram umbi dewa dalam rebusan air 2 gelas saja biarkan hingga tereduksi setengahnya / 1 gelas dan minum rebusan air tersebut secara rutin 2 kali sehari.

10. Sebagai obat gusi berdarah, rebus 10 lembar daun sirih merah dengan 4 gelas air sampai mendidih lalu gunakanlah  untuk berkumur setidaknya 3 kali sehari.

11. Obat untuk payudara yang membengkak, ambillah beberapa lembar daun sirih kemudian sobat bakar sampai daunnya layu, lalu tempelkan pada payudara yang bengkak saat masih hangat.

12. Mengurangi produksi Asi yang berlebih, caranya ambil 4 lembar daun sirihnya yang  diolesi minyak kelapa yang dipanggang diatas api dan harus ingat jangan sampai hangus. Tempelkanlah disekitar daerah payudara dalam keadaan hangat.

13. Obat Asam urat, rebus 8 lembar daun sirih muda dalam 500 ml air sampai tereduksi 3 gelas saja. Minumlah secara teratur dengan 75 ml air rebusan 3 kali sehari.

14. Obat mimisan (hidung  berdarah), cukup dengan menggulung daunnya lalu dimasukkan daun sirih yang sudah layu ke dalam hidung yang mimisan untuk penyumbat pendarahan.

15. Membersihkan rongga mulut dari kuman, sobat bisa menggunakan cara dengan direbus dengan air 3-4 lembar daun saja sampai mendidih kemudian tunggu sampai air rebusan sudah dingin dan tidak panas. Gunakanlah untuk berkumur setelah makan dan bersikat gigi.

Manfaat Untuk Kecantikan


Beberapa manfaat daun sirih untuk kecantikan ialah:

1. Menghaluskan kulit, tumbuklah 3-5 lembar daunnya yang dicampur dengan air panas lalu gunakan sebagai masker saat sudah hangat gunakanlah minimal seminggu sekali.

2. Mencegah munculnya jerawat, siapkan dulu 10 lembar daun sirihnya yah sob lalu kita rebus dengan 200ml air. Setelah dingin, lalu saring airnya untuk mencuci muka.

3. Menghilangkan jerawat, rebuslah 10 lembar daun sirih dalam 250ml air sampai berwarna kecoklatan lalu gunakanlah air rebusan tersebut untuk kompres.

4. Mencegah penuaaan dini, rebuslah daun sirih yang sudah bersih 6 lembar daun sirih merah, 100gram kacang hijau, 10biji kurma, dan 40 gingseng talinum ke dalam 4 gelas air sampai mendidih dan tereduksi menjadi 2 gelas air saja. Tambahkan 2 sendok makan madu dan jeruk, aduk rata lalu minum campuran rebusan air tersebut 2 kali sehari dalam 1 kali seminggu sebanyak 1 gelas.

Itulah beberapa manfaat/khasiat serta cara penggunaannya untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua dan jangan lupa sharing dan berbagi info kepada teman-teman sobat semua. Akhirul kata wassalamu'alaikum wr wb. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya 😊 dan terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Manfaat Daun Sirih"

Post a Comment

Silahkan jika sobat yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.