Manfaat Jambu Biji

MANFAAT JAMBU BIJI


Jambu biji
Picture by google.com
Jambu biji (Psidium guajava) atau juga disebut jambu batu dan orang jawa sering bilang jambu klutuk adalah tanaman tropis yang pada awalnya berasal dari Brasil, dan disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu yang memiliki buah berwarna hijau dan daging biah berwarna putih atau merah ini memiliki rasa manis dan asam,yang mengandung banyak Vitamin C.

Kandungan Gizi Jambu biji per 100g


1.Serat diet 5.4 g 14% , Vitamin A 624 IU 21% , Mangan 0,150 mg 6,5%

2.Air 86 g ,Vitamin C 228 mg 396%

3.Besi 0.26 mg 3% , Vitamin E 0.73 mg 5% , Natrium 2 mg 0%

4.Crypto-xanthin b 0 mcg , Vitamin K 2.6 mcg 2% , Niacin 1.084 mg 7%

5.Elektrolit, Kalium 417 mg 9% , phyto-nutrisi

6.Energi 68 Kcal 3.5% , Kalsium 18 mg 2%, Protein 2.55 g 5%

7.Folates 49 mcg 12.5% , Karbohidrat 14.3 g 11.5% , pyridoxine 0.110 g 8.5%

8.Fosfor 11 mg 2% , Kolesterol 0 mg 0%, Riboflavin 0.040 mg 3%

9.Thiamin 0.067 mg 5.5% , Lycopene 5204 mcg , Selenium 0.6 mcg 1%

10.Total lemak 0.95 g 3% , magnesium 22 mg  5.5% , Seng 0.23 mg 2%

Baca juga :
Manfaat buah pepaya
Manfaat buah dan daun kersen

Manfaat Jambu Biji

Tahukah sobat semua??? Kandungan yang ada di dalam jambu biji itu bermanfaat bagi kesehatan tubuh loh, apa saja manfaat itu? Yuk simak ulasannya:

  • Menambah jumlah darah 
Jambu biji mengandung Vitamin E dan K,folat,niasain,mangan,tembaga,magnesium,dan asam panthothenic dimana semuanya bermanfaat untuk menambah jumlah sel darah merah sobat.
  • Meningkatkan sistem pencernaan
Dimana kandungan lycopene ini yang bisa membantu sistem pencernaan bagi kesehatan tubuh kita.

  • Mendukung kesehatan mata
Hal ini karena jambu biji mengandung Vitamin A yang mampu mencegah infeksi mata dan penyakit mata

  • Menyehatkan kulit 
Nutrisi yang penting bagi kesehatan kulit ialah Vitamin A yang terkandung dalam jambu biji. Jambu biji juga bermanfaat untuk mengeluarkan antioksidan yang bisa membantu kulit kita terlihat segar kembali :-)

  • Baik juga untuk penderita Diabetes
Serat yang terkandung di dalam buah jambu biji merupakan obat alami bagi penderita pada Diabetes. Terbukti juga loh secara medis,jambu biji ini mampu mencegah lonjakan gula.

  • Mencegah penuaan dini
Kandungan zat antioksidan tinggi dalam jambu biji mampu menetralkan radikal bebas dan mencegah terjadinya stres oksidatif yang menyebabkan penuaan dini.

  • Menjaga tekanan darah
Kandungan Kaliumlah yang bermanfaat untuk melindungi tubuh kita dari pengaruh eksternal yang bisa merusak kesehatan tekanan darah

  • Mencegah kanker
Terdapatnya kandungan antioksidan yaitu flavonid dan fitronutrien  ,buah jambu biji ini efektif untuk mencegah kanker. Kandungan Vitamin C dosis tinggi didalamnya juga bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas penyebab kanker.

  • Sebagai Anti-tumor dan anti-inflamasi
Kandungan lycopene yang terkandung didalam jambu biji bermanfaat sebagai anti-inflamasi dan mencegah pertumbuhan tumor.

  • Meningkatkan imunitas tubuh
Jambu merupakan buah yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Sebab jambu mengandung vitaminC tinggi yang bisa mencegah dari serangan berbagai penyakit.

  • Menyehatkan kelenjar tiroid
Kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Jika fungsi kelenjar ini terganggu maka akan mengakibatkan kesehatan tubuh menjadi terganggu. Untuk menyehatkan kelenjar tiroid, kita bisa mengkonsumsi buah jambu biji ini karena didalamnya mengandung mineral tembaga yang sangat baik untuk kesehatan kelenjar tiroid.

  • Membantu menyerap nutrisi
Senyawa lain yang ada didalam jambu biji ini ialah mangan. Mangan ini memikiki fungsi mulia membantu dalam penyerapan nutrisi saat makanan berada di dalam usus.


  • Baik untuk ibu hamil
Tahukah sobat,jambu biji ini sangat baik loh dikonsumsi bagi wanita hamil. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi dan vitamin yang ada didalamnya mampu melindungi janin dan juga menjaga kesehatan ibu hamil. Disarankan bagi wanita hamil agar mengkonsumsi buah jambu biji ini dalam menu sehari-hari karena mampu mencegah anemia dan melengkapi gizi yang baik untuk kesehatan janin dan ibu hamil .

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah informasi pengetahuan bagi semuanya. Dan jangan lupa sharing dan berbagi ke teman-teman sobat semua
Sekian dan terima kasih :-)

2 Responses to "Manfaat Jambu Biji"

  1. Numpang promosi mas bro,hehehe
    Info dan manfaat buah-buahan di https://myresepku21.blogspot.co.id/2017/02/cara-diet-sehat-dengan-Mengkonsumsi-buah.html

    ReplyDelete
  2. https://myresepku21.blogspot.co.id/2017/02/cara-diet-sehat-dengan-Mengkonsumsi-buah.html

    ReplyDelete

Silahkan jika sobat yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.